Selasa, 05 April 2016

KENANGAN MASA KULIAYAH DULU

Edit Posted by with No comments
KENANGAN MASA KULIAYAH DULU, INI KARYA AKU TERAKHIR KULIYAH
HAL.i
PERBANDINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 LINGSAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014



Oleh :
KIKI AL-FIYAH LAIEL
NIM. 15.1.09.4.087

 












FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
MATARAM





PERBANDINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 2 LINGSAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

hal.ii
Skripsi
Diajukan kepada Institut Agama Islam Negeri Mataram untuk melengkapi persyaratan mencapai gelar Sarjana Strata 1 (S1) Pendidikan Matematika


Oleh
KIKI AL-FIYAH LAIEL
NIM. 15.1.09.4.087


 




                                                                                                              





JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
MATARAM
2014
hal. iii
PERSETUJUAN

Skripsi KIKI AL-FIYAH LAIEL, NIM. 15.1.09.4.087 yang berjudul “Perbandingan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014” telah memenuhi syarat dan disetujui  untuk di munaqasyah-kan.
         Disetujui pada tanggal,   Februari 2014



Di bawah bimbingan



Pembimbing I



Drs. H.Subki, M.Pd.I
NIP. 196612312000031010
Pembimbing II





Kristayulita, S.Pd., M.Si.
NIP. 198107282008012012


hal. iv

Nota Dinas
Hal : Munaqasyah
                                                                                     Mataram,         Februari 2014
                                                                                                Kepada
                                                                                    Yth. Rektor IAIN Mataram
                                                                                                di-
                                                                                                      Mataram   


            Assalamu’alaykum Wr. Wb.
Setelah diperiksa dan diadakan perbaikan sesuai masukan pembimbing dan pedoman penulisan skripsi, kami berpendapat bahwa skripsi KIKI AL-FIYAH LAIEL, NIM. 15.1.09.4.087, yang berjudul “Perbandingan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014” telah memenuhi syarat untuk diajukan dalam sidang munaqasyah skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram.
Demikian, atas perhatian Bapak Rektor disampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaykum, Wr. Wb.

Pembimbing I



Drs. H.Subki, M.Pd.I
NIP. 196612312000031010
Pembimbing II



Kristayulita, S.Pd., M.Si.
NIP. 198107282008012012

hal. v 
PERNYATAAN KEASLIAN


Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Kiki Al-fiyah Laiel
NIM                            : 15.1.09.4.087
Program Studi             : Pendidikan Matematika
Fakultas                       : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Institusi                       : IAIN Mataram

Dengan ini menyatakan bahwa SKRIPSI dengan judul “Perbandingan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014” ini secara keseluruhan adalah hasil penelitian/karya saya sendiri, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya.
Apabila di belakang hari ternyata karya tulis ini tidak asli, saya siap dianulir gelar keserjanaan saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di IAIN Mataram.


                                                                      Mataram,                      2014
                                                                         Saya yang menyatakan



                                                                            Kiki Al-Fiyah Laiel
                                                                            NIM. 15.1.09.4.087



 hal. vi
PENGESAHAN

Skripsi dengan judul “Perbandingan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014 oleh KIKI AL-FIYAH LAIEL, NIM. 15.1.09.4.087, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram telah dimunaqasyahkan pada hari ........, tanggal ...., bulan ......., tahun.........., dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mencapai gelar sarjana Pendidikan Matematika.

Dewan Munaqasyah
1.      Ketua Sidang/Pemb. I                  : Drs. H.Subki, M.Pd.I            ____________
  NIP. 196612312000031010

2.      Sekretaris Sidang/Pemb. II          : Kristayulita, S.Pd., M.Si.      ____________
  NIP. 198107282008012012

3.      Penguji I                                       :                                               ____________

4.      Penguji II                                     :                                               ____________



Mengetahui,
Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan





Dr. Muhammad, M.Pd.MS.
NIP. 196801051994031003



 hal.vii





MOTO :


“Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa- bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesunggunya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(Q.S.Al-hujuraat : 13)










 hal.viii





PERSEMBAHAN
Karya ini saya persembahkan untuk orang-orang yang aku cintai :
1.        Puji Syukur kehadirat Allah atas lahirnya aku ditengah keluarga yang sangat menyayangiku, dan ,kasih sayang Engkau diwariskan kepada Orang Tua ku tercinta dan tersayang inak Rapiah dan amak Suardi
2.        Kepada adik (Onang Kharismaulana Ahsan),semoga dapat menjadi kebanggaan Keluarga.
3.        Kepada Dosen Pembimbing satu (pak subki) dan pembimbing dua (buk kristayulita) terima kasih banyak atas bimbingannya.
4.        Teman-teman sekelas sayonara… Kepada Semua temen kekas C (Adi, fitri, Ahadi, lili, Isty, Ani, Desi, Ica Ares, Ica MM, Ici, Jum, Nani, Nurlaili, Oti, Bq. Rara, Bq.Ria, Bunda Saidah, Bunda Uyun, Bq.Maria, Bunda Uni, Bunda Husniati, Zakiah, Zakiatun, Waton, Rostina, Yuyun, Indah, Zen, Zulfa, Munir dan teman lainnya yang tidak bisa semua disebutkan disini), terimakasih atas semua bantuannya yang tidak bisa saya balas, semoga menjadi amalnya nanti disurga ,amin.

hal. ix 

KATA PENGANTAR

Segala puji milik Allah SWT, keselamatan dan kesejahteraan semoga selalu tercurah kepada junjungan kita yang mulia, Nabi Besar Muhammad SAW. Skripsi ini tentu sudah benar-benar disusun dengan penuh perjuangan semaksimal dan pengorbanan tenaga maupun perasaan dari peneliti tapi namanya manusia tidak luput dari kekeliruan atau kekurangan, maka dari itu peneliti mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya konstruktif dari pembaca sebagai bahan perbaikan bagi peneliti di masa yang akan datang. Harapan peneliti semoga skripsi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama yang bergelut di dunia pendidikan.
Dalam penulisan skripsi ini tentu banyak pihak yang membantu berupa bimbingan, saran, informasi, tenaga, pikiran bahkan biaya. Maka dalam kesempatan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang tidak muat kalau disebut satu persatu. Akhir kata, semoga apa yang telah mereka berikan dicatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT dan mendapatkan balasan yang setimpal dari-Nya, Amin ya rabbal alamin. 

                                                                                     Mataram,        Februari 2014





                                                                                                    Penulis

 hal.xi
ABSTRAK
Kiki Al-Fiyah Laiel, 15.1.09.4.087. Perbandingan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014, Pembimbing : (I) Drs.H.Subki,M.Pd.I (II) Kristayulita, S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, SPLDV, Hasil Belajar
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di sekolah adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif atau pembelajaran inovatif. Dalam pembelajaran kooperatif mencangkup kelompok-kelompok kecil siswa yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan suatu masalah, atau menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama lainnya. Dalam pembelajaraan kooperatif, siswa dapat saling berinteraksi, saling memunculkan strategi-strategi pemecahan masalah, memahami konsep-konsep yang sulit, serta menumbuhkan kemampuan bekerjasama. Pembelajaran kooperatif memiliki dampak positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. Kedua model pembelajaran ini mempunyai keistimewaan yaitu siswa selain bisa mengembangkan kemampuan kelompok juga mengembangkan kemampuan individu. Pembelajaran PBL dan STAD merupakan model pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa. Siswa dituntut untuk berpikir kritis dalam pembelajaran. Dalam proses proses pembelajaran siswa dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kedua metode bertujuan untuk memecahkan masalah namun dalam proses pembelajarannya berbeda. Adapun perbedaan dalam pembelajaran PBL dan STAD yaitu pada langkah pembelajarannya, dengan adanya perbedaan itu maka peneliti ingin mengkaji apakah dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda tersebut akan memberikan hasil belajar yang berbeda atau tidak. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD memberikan hasil yang berbeda oleh siswa semester ganjil kelas VIII.1 dan VIII.5 materi SPLDV Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 2 Lingsar. Antara kedua kelas dengan hasil pengujian uji t yang telah dilakukan dan diperoleh thitung = 2.98 < ttabel = 2.02 pada taraf signifikan 5%. Jadi teori yang menyatakan terdapat perbedaan antara kedua metode pembelajaran tersebut dapat terbukti dari penelitian tersebut.

hal.xii
DAFTAR ISI
SAMPUL DEPAN ...........................................................................................     i
HALAMAN JUDUL .......................................................................................     ii
HALAMAN PERSETUJUAN .......................................................................    iii
NOTA DINAS PEMBIMBING......................................................................    iv
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI........................................................     v
HALAMAN PENGESAHAN.........................................................................    vi
HALAMAN MOTTO ......................................................................................    vii
HALAMAN PERSEMBAHAN......................................................................   viii
KATA PENGANTAR.....................................................................................    ix
ABSTRAK........................................................................................................     x
DAFTAR ISI.....................................................................................................    xi
DAFTAR TABEL............................................................................................   xiv
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................    xv
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................   xvi
BAB   I     PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ...........................................................................      1
B.     Rumusan Masalah ......................................................................      3
C.     Tujuan Penelitian ........................................................................      3
D.    Manfaat Penelitian .....................................................................      4
E.     Lingkup Penelitian .....................................................................      5
F.      Definisi Operasional ...................................................................      6



BAB  II     KAJIAN PUSTAKA
A.    Deskripsi Teori ...........................................................................      8           
B.     Hasil Penelitian Yang Relevan ...................................................    23
C.     Kerangka Berpikir ......................................................................    26
D.    Hipotesis Penelitian ....................................................................    28
BAB  III   METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian ...........................................................................    29
B.     Tempat dan Waktu Penelitian ....................................................    29
C.     Populasi dan Sampel ..................................................................    30
D.    Rancangan Penelitian .................................................................    31
E.     Teknik Pengumpulan Data .........................................................    33
F.      Instrumen Penelitian ..................................................................    34
G.    Teknik Analisis Data ..................................................................    37
BAB  IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Gambaran Umum .......................................................................    42
1.   Letak Geografis .....................................................................    42
2.   Kondisi Perekonomian Masyarakat Sekitar Sekolah .............    43
3.   Kondisi Sosial dan Budaya Masyarakat Pendukung .............    45
4.   Kondisi Keamanan Lingkungan Sekolah ..............................    46
5.   Keaadaan Siswa, Guru dan Pegawai .....................................    47
6.   Keadaan Sarana dan Prasarana ..............................................    48
B.     Penyajian Data ...........................................................................    51
C.     Analisis Data ..............................................................................    53
D.    Pembahasan ................................................................................    54
BAB V      PENUTUP
A.  Kesimpulan .................................................................................    57
B.  Saran-saran .................................................................................    57
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………..    59
LAMPIRAN-LAMPIRAN











 hal.xvi






DAFTAR TABEL
1.      Tabel 1.1 Daftar Nilai Matematika Sebelum dan Sesudah Menggunakan Metode PBL dan Kooperatif tipe STAD SMPN 2 Lingsar ...............................................            2
2.      Tabel 2.1 Tahapan Pembelajaran Kooperatif STAD .............................         16
3.      Tabel 2.2 Tahapan Pembelajaran Berbasis Masalah...............................         23
4.      Tabel 2.3 Analisis Telaah Pustaka  ........................................................         25
5.      Tabel 3.1. Data Jumlah Siswa kelas VIII SMPN 2 Lingsar ..................         30
6.      Tabel 3.2 Kisi-Kisi Instrumen Penelitian Pada Materi Pokok SPLDV..         35
7.      Tabel 4.1 Data Mata Pencaharian Penduduk Orang Tua/Wali Siswa ...         44
8.      Tabel 4.2 Jumlah siswa SMPN 2 Lingsar Tahun Ajaran 2013/2014 .....         47
9.      Tabel 4.3 Pelaksanaan Penelitian ..........................................................         51
10.  Tabel 4.4 Daftar Distribusi Frekuensi Postest kelas eksperimen dan control materi SPLDV                       52..........................................







hal.xvii 



DAFTAR GAMBAR
1.      Gambar 2.1 Bagan Kerangka Berfikir...................................................         28
2.      Gambar 3.1 Skema Rancangan Penelitian.............................................         32 














 hal.xviii

DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 RPP dengan Metode Kooperatif tipe STAD dan PBL                        62       
Lampiran 2 LKS Matematika kelas VIII materi SPLDV   ................................    69
Lampiran 3 Kisi-Kisi Soal Evaluasi Materi SPLDV ..........................................    75                       
Lampiran 4 Profil Sekolah SMP Negeri 2 Lingsar..............................................    89
Lampiran 5 Nilai Hasil Tes Akhir Kelas VIII.1 dan VIII.5 ..............................    91
Lampiran 6 Perhitungan Normalitas Kelas VIII.1 .............................................    94
Lampiran 7 Perhitungan Normalitas Kelas VIII.5 .............................................    95
Lampiran 8 Homogenitas Kelas VIII.1 dan VIII.5 ...........................................    97
Lampiran 9 Uji t Hasil Belajar ............................................................................ 103





/* kiki share */

0 komentar:

Posting Komentar